Kasadar.com | Asam urat tinggi ditandai dengan bengkak dan nyeri di bagian tubuh tertentu. Penyakit asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun.

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi.

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki.

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh.

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi.

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, sebagian orang bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki manfaat menurunkan asam urat tinggi.

Buah-buahan penurun asam urat tinggi
Penderita asam urat harus selektif mengkonsumsi makanan dan minuman, agar kadar asam urat tidak naik.

Buah-buahan mengandung vitamin dan kaya serat yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis buah-buahan memiliki khasiat menurunkan asam urat tinggi.

Berikut daftar buah-buahan yang bisa menurunkan asam urat tinggi.

1. Nanas

Melansir dari buku berjudul Terapi Jus untuk Rematik dan Asam urat, buah nanas baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Sebab nanas mengandung enzim bromelin yang berperan sebagai antiradang. Konsumsi nanas bisa meredakan peradangan sendi.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya seperti air jeruk, air jahe, dan daun mint agar rasa jus nanas lebih lezat.

2. Semangka

Buah semangka tidak hanya bagus dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Buah yang satu ini juga baik dimakan para penderita asam urat.

Sebab, semangka kaya akan air dan mengandung vitamin A, C, B2, Kalium, Fosfor, Flavonoid, dan Likopen.

Hal tersebut membuat semangka bisa membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh.

3. Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A, B1, C, Kalsium, Fosfor, dan zat Besi. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya bermanfaat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine.

4. Sirsak

Sirsak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebab buah yang memiliki rasa manis asam ini mengandung vitamin A, B1, B2, C, dan niasi.

Vitamin C dalam buah sirsak berperan untuk membantu menghambat pembentukan asam urat.

5. Jeruk

Siapa sangka buah jeruk bisa menurunkan asam urat tinggi. Jeruk mengandung vitamin C yang berperan menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh.

6. Jeruk nipis

Sudah bukan rahasia bila jeruk nipis kaya akan manfaat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam jeruk nipis bermanfaat melarutkan asam urat dalam urine.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here