Serah Terima Bantuan Bedah Rumah dari Kementrian PUPR oleh Bupati Aceh Selatan

0
309
Penyerahan Bantuan Bedah Rumah (BSPS) Sabtu,19 Desember 2020 di Desa Pasie Merapat Kluet Selatan

Aceh Selatan, Kasadar.com | Kabupaten Aceh Selatan untuk tahun 2020 ini mendapat alokasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dari Dirjen Perumahan Kementrian PUPR melalui Satker Penyediaan Rumah Swadaya sebanyak 100 unit.

Lokasi kegiatan BSPS tahun 2020 ini tersebar di 4 desa dalam 3 Kecamatan. Antara lain Desa Pasie Merapat sebanyak 25 Unit, Desa Indra Damai sebanyak 25 Unit, kedua desa ini berada di Kecamatan Kluet Selatan. Desa Limau Purut Kecamatan Kluet Utara sebanyak 25 Unit dan Desa Lawe Sawah 25 Unit Kecamatan Kluet Timur.

Bupati Aceh Selatan pada acara penyerahan secara simbolis pekerjaan BSPS atau Bedah rumah yang sudah selesai dikerjakan 100% ini mengatakan bahwa Aceh Selatan tahun 2020 ini sudah selesai melakukan pembangunan dan rehabilitasi rumah yang tidak layak huni sebanyak 443 Unit yang terdiri dari berbagai Program.

77 Unit Pembangunan baru dari sumber dana otsus provinsi yang dikerjakan oleh dinas Perkim Provinsi tersebar di beberapa kecamatan. 103 Unit Rehabilitasi Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dari sumber Dana Alokasi Khusus (DAK). 42 Unit Rehabilitasi Rumah Dhuafa dari sumber dana APBK di Sekretariat Baitulmal dan 121 Unit Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Dinas Sosial dari Sumber APBK.

Bupati Aceh Selatan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dirjen perumahan melalui Satker Penyediaan Perumahan Swadaya bapak Widi R Atmojokusumo, SE selalu PPK Rumah Swadaya WiLayah I yang telah melaksanakan Program BSPS Tahun 2020 di Aceh Selatan.

Semoga Program BSPS atau Bedah Rumah dari Dirjen Perumahan ini dapat terus berlanjut di Aceh Selatan untuk tahun depan. Karena mengingat masih banyaknya Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Aceh Selatan sesuai dengan data yang ada di Aplikasi eRTLH. Kita sangat berharap agar Pemerintah Pusat kembali mengalokasikan Program BSPS ini untuk tahun depan di Aceh Selatan.

Untuk mewujudkan visi misi pemda Aceh Selatan dalam hal Bedah Rumah, mulai tahun ini sudah memperbaharui dan menyusun kembali Data Base Rumah Tidak Layak Huni (BRTLH) di Dinas Perkim. Sehingga proses penyelesaian masalah Rumah Tidak Layak Huni akan teratur, terukur dan terarah. Sehingga program penyelesaiam masalah rumah tidak layak huni ini akan lebih mudah dengan adanya data yang valid yang dapat digunakan oleh berbagai pihak. Terutama pihak provinsi dalam program Pembangunan Rumah Layak Huni dan Pihak Dirjen Perumahan dalam Program Rehabilitasi Rumah atau BSPS.

Tgk. Amran pada arahannya juga menyampaikan, dalam 2 tahun ini pemda Aceh Selatan sudah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi rumah tidak layak huni lebih kurang 1000 unit rumah dari berbagai program dan sumber anggaran, baik dari provinsi, kementrian dan dari dana APBK.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here