Siswa Korban Gempa di Trauma Healing

275

Meurudu | Selain bantuan fisik, seperti makanan, baju dan sembako lainnya, para korban juga membutuhkan bantuan kesehatan mental karena trauma yang timbul dari bencana yang di alami, seperti yang di lakukan Lembaga Swadaya Masyarakat Inspirasi Pemuda Aceh ( LSM IPA) bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Trauma Healing untuk anak sekolah di kabupaten Pidie Jaya pada selasa, 27/12/2016.

Ismi Amran sekretasis LSM IPA mengatakan Trauma healing sangatlah penting, melihat banyak anak-anak korban bencana alam mengalami trauma dan ketakutan yang berlebih ketika harus sekolah jauh dari orang tua mereka.

“Trauma healing untuk anak-anak dilakukan dalam bentuk bermain atau hiburan agar mereka kembali tersenyum dan melupakan pengalaman yang tidak mengenakkan, sehingga dapat membantu anak keluar dari berbagai perasaan yang menakutkan seperti depresi dan lainnya.” Ujar ismi

Ismi menambahkan kegiatan Trauma Healing akan dilaksanakan sebanyak 8 sekolah SDN sebanyak 4 sekolah dan SMP sebanyak 2 dan SMA sebanyak 2 dimulai dari tanggal 27-29 dengan melibatkan tim seniman Aceh Bang Jhoni Kapluk dan Nek Mando serta Konselor dari Universitas Jabal Ghafur Teuku Syahwal, M.Pd.

Kepala SDN Beuracan kecamatan Meurudu M. Jakfar Daud, S.Pd mengatakan trauma healing ini sangat bermanfaat, semoga besok semua murid bisa belajar sebagaimana biasanya, dihari pertama ini baru ada sekitar 50% siswa yang hadir mungkin sebagian lagi masih enggan kesekolah.

“hari ini saya dan guru-guru disini sangat senang dengan kehadiran bang Jhoni dan Nek Mando yang sangat menghibur, kami melihat anak-anak sudah tersenyum dan bahkan yang enggan ke sekolahpun ikut hadir dan mengikuti trauma healing” tutup Pak Jakfar. (jba)

SUMBERLiputan Aceh
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.