Kasadar.com | Mengajari anak kecakapan hidup tidak hanya penting untuk perawatan diri, tetapi juga memungkinkan dia untuk merasa percaya diri, mampu melakukan apapun, dapat bekerja dalam sosialisasi dan penalaran, dan membantu mengembangkan harga diri yang sehat.

Untuk itu jangan sampe salah dalam mendidik anak, sebaiknya mendidik anak sesuai dengan usia. Berikut ini ulasan mendidik anak yang tepat agar nantinya menjadi sosok yang mandiri melansir familyeducation.com.

Usia 2 dan 3 tahun berikan tugas-tugas sederhana

Ini adalah usia dimana anak akan mulai mempelajari keterampilan hidup dasar. Pada usia tiga tahun, ajarkan anak untuk membantu merapihkan mainanya, mengenakan pakaian sendiri, merapihkan peralatan makan setelah selesai, sikat gigi dan cuci wajah sebelum tidur, dan ajarkan membantu pekerjaan seperti ajak mereka menyusun meja makan.

Usia 4 dan 5: Ajarkan mengahapal nama atau nomor penting dan ajarkan membantu pekerjaan rumah

Keterampilan keselamatan berada di urutan teratas, ajarkan anak menghapal nama lengkap, alamat, dan nomor teleponnya untuk menghubungimu jika terjadi sesuatu. Atau beri tahu cara memanggil panggilan darurat.

Selain itu, ajarkan pekerjaan rumah sederhana seperti membersihkan debu di tempat yang mudah dijangkau dan membersihkan meja setelah makan, beri makan hewan peliharaan jika punya, transaksi uang sederhana seperti menabung.

Usia 6 dan 7: Apapun mulai melakukan sendiri

Ajak anak untuk membuat sarapan sendiri, mencuci piring setelah makan, rapihkan kamar sendiri, ajarkan ia sudah bisa melakukan semuanya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain.

Usia 8 dan 9: Kebanggaan pada Barang-Barang Pribadi

Pada saat ini, anak sudah seharusnya bangga dengan barang-barang pribadinya dan merawatnya dengan baik. Itu termasuk kemampuan. Dengan begitu anak sudah mengerti bagaimana menghargai suatu barang. Dan belajar memperoleh apa yang diinginkan

Usia 10 hingga 13: Mendapatkan kemandirian

Usia ini ketika anak dapat mulai melakukan banyak keterampilan secara mandiri. Dia harus tahu bagaimana caranya ketika di rumah sendiri, ganti seprai sendiri, ke toko sendiri, dan menjaga adiknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here