Kasadar.com | Selama masa pandemi Covid-19 kita banyak menghabiskan waktu untuk berada dirumah saja, termasuk bekerja hingga sekolah pun kita lakukan dari rumah. Tak dipungkiri hal ini membuat kita kurang aktif dalam menggerakkan tubuh.

Ketidak aktifan ini dapat menyebabkan kelelahan dan kecemasan. Ini juga dapat menyebabkan masalah lebih banyak, seperti merasakan sakit dan nyeri di leher, punggung dan bahu.

Belum lagi berdampak pada mata kita yang sering menatap layar pada gawai.

Tim Harrison, dan MD di WatchPilot telah mengumpulkan beberapa tips agar dapat mencapai 10 ribu langkah dalam sehari – tanpa meninggalkan rumah.

Perkiraan ini didasarkan pada rata-rata orang berjalan 80 langkah per menit.

Berikut tujuh cara mencapai 10 ribu langkah tanpa keluar rumah, dilansir Metro UK.

1. Naik turun tangga 42 kali
1.000 langkah, 12 menit 30 detik

Tangga rata-rata memiliki 12 anak tangga. Dengan rata-rata 80 langkah per menit, anda dapat dengan mudah menyelesaikan 1.000 langkah dalam seperempat jam, dengan naik dan turun tangga sebanyak 42 kali.

Dan jika ingin lebih cepat, jalan cepat atau lari akan membakar lebih banyak kalori. Jika tidak memiliki tangga, anda dapat melakukan 84 putaran di balkon atau lorong dirumah.

2. Sambil mendengarkan podcast
3.200 langkah, 40 menit

Durasi podcast rata-rata adalah 37 menit, anda dapat berjalan dengan 80 langkah per menit, Anda dapat berjalan di taman, lorong, atau sepanjang rumah anda, sambil mendengarkan podcast.

jika anda bukan penggemar podcast, anda dapat menyalakan radio, atau acara televisi yang anda sukai saat ini, dan anda bisa melangkah ditempat sambil menontonnya untuk mengalihkan perhatian anda.

Lakukan ini sebelum bekerja dan anda akan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari.

3. Lakukan 500 langkah sebelum makan
1.200 langkah – 15 menit

Lima menit sebelum anda makan atau mulai menyiapkan makanan anda, mengapa tidak segera melakukan 500 langkah di sekitar rumah atau taman?

Hanya perlu waktu maksimal lima menit, tergantung kecepatan anda.

4. Lakukan 250 langkah setiap jam kerja
2.250 langkah, 3 menit x 9

Jika anda memiliki jam tangan pintar, anda akan terbiasa dengan dengungan yang mengingatkan anda setiap jam untuk bangun dan bergerak.

250 langkah membutuhkan waktu sekitar 3 menit, dan para ahli merekomendasikan kita untuk istirahat dari layar setiap 40 menit, melakukan ini setiap jam tidak hanya akan membantu sistem kardiovaskular anda, tetapi juga mata anda.

Lakukan ini mulai pukul 09.00-17.00, jangan berlebihan.

5. Saat istirahat minum teh atau kopi
960 langkah, 3 menit x 4

Ketel/panci air rata-rata membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk mendidih, Saat anda menunggu air mendidih, mari kita jalan di tempat atau dengan berjalan-jalan di dapur.

Jika ingin menaiki tangga, anda bisa melakukan satu menit ekstra berjalan kaki sambil menunggu teh diseduh.

6. Jalan sambil ngobrol
1.200 langkah – 15 menit sehari

Untuk mengakhiri hari, berjalanlah dengan keluarga atau teman serumah anda di sekitar taman atau kompleks perumahan anda.

Ini akan membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres, dan jalan kaki 15 menit dapat memberi anda kesempatan untuk menjernihkan pikiran.

Jika anda tinggal sendirian, mengapa tidak berteman dengan seorang teman dan berjalan-jalan saat anda mengobrol di Zoom atau Videocall?

7. Sambil beberes rumah
400 langkah – 5 menit sehari

Anda mungkin sudah melakukan ini tanpa menyadarinya. Hanya lima menit menyedot debu, mengepel lantai, memotong rumput, atau membersihkan jendela akan memberi anda setidaknya 400 langkah. Tetap semangat dan terus melangkah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here