Kasadar.com | Untuk menghapus kesalahan dan dosa, umat muslim dianjurkan untuk bertaubat. Salah satu praktik taubat yang sering dilakukan adalah salat atau sholat taubat.

Sholat taubat merupakan sholat sunah yang dianjurkan dilakukan setelah seseorang melakukan maksiat atau dosa. Melalui sholat taubat, seseorang juga berjanji tak akan mengulangi kesalahan dan dosa.

Untuk itu ketahui hukum, doa, dan tata cara sholat taubat yang penting diketahui untuk mengoptimalkan ibadah tersebut.

Hukum Melakukan Sholat Taubat

Seperti ditulis islami.co, ulama dari empat madzhab sepakat bahwa salat taubat bersifat sunah, sehingga dianjurkan bagi muslim yang pernah melakukan dosa untuk melakukan salat taubat.

“Seorang hamba yang melakukan dosa kemudian dia bersuci dan mengerjakan salat, setelah itu meminta ampun kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya. Setelah itu, Rasul membaca ayat, ‘Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, dan mohon ampun atas dosa-dosa mereka” (HR: Al-Tirmidzi).

Salat sunah pernah disabdakan Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

Waktu Melakukan Sholat Taubat

Waktu mengerjakan sholat taubat adalah sepertiga malam atau di jenjang waktu salat Tahajud.

Bertaubat merupakan perbuatan yang sebaiknya tidak ditunda. Jika kita telah melakukan kesalahan, baiknya segeralah bertaubat. Sholat taubat sebaiknya dilakukan sendiri.

Sesuai dengan hadits sebelumnya, sebelum melaksanakan sholat taubat seseorang diwajibkan untuk berwudu dengan benar, disunahkan juga melakukan mandi besar sebelum salat taubat.

Sholat taubat adalah ibadah sunnah yang dapat dilakukan kapan saja. Namun ada waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat taubat, yaitu:

  • Waktu di antara salat Subuh hingga matahari terbit
  • Saat matahari persis di atas kepala atau tengah hari
  • Waktu di antara salat Ashar hingga matahari terbenam

Sebagian ulama menyatakan waktu terbaik untuk melaksanakan salat taubat adalah saat sepertiga malam atau di jenjang waktu salat Tahajud, yaitu mulai pukul 1 dini hari hingga waktu salat Subuh.

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat

Salat taubat dilakukan 2 hingga 6 rakaat, dengan 2 rakaat setiap salamnya.

Niatkan sholat taubat untuk benar-benar bertaubat kepada Allah SWT atas semua kesalahan yang pernah dilakukan.

Rangkaian sholat taubat dimulai dengan berwudu dilanjutkan dengan membaca niat berikut:

“Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah”

Tata cara sholat taubat sama seperti sholat sunah lainnya, dengan salam setiap dua rakaat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Membaca niat sholat taubat
  2. Mengangkat dua tangan sambil melafalkan takbir (takbiratul ihram)
  3. Membaca doa Iftitah (sunah)
  4. Membaca surah Al-fatihah
  5. Membaca surah pendek Alquran
  6. Rukuk
  7. I’tidal
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Bangun melanjutkan rakaat kedua dengan cara seperti rakaat pertama
  12. Tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Berdoa memohon ampun.

Doa Sholat Taubat

Setelah melaksanakan salat taubat dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar yang ditunjukkan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Berikut doa setelah melakukan sholat taubat:

“Ataghfirullaahal’adhiim al-ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaihi taubata’abdi zhaalimin laa yamliku linafsihi dharran wa laa naf’an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuran.”

Artinya:

“Saya meminta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, saya mengaku tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga. Saya memohon taubat kepada-Nya, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak dosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat madharat atau manfaat, untuk mati atau hidp maupun bangkit nanti.”

Setelah membaca doa di atas, dianjurkan pula untuk memperbanyak membaca Sayyidul Istighfar sebagai berikut:

“Allaahumma antaa rabbi laa ilaaha illaa anta, khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tuu a’udzubika min syarrimaa shana’tu abuu’u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu’u bi dzanbi faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.”

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali engkau.”

Manfaat sholat taubat:

Melaksanakan sholat taubat akan memberikan banyak manfaat bagi seorang muslim. Selain dapat mengingatkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, keberkahan akan menyertai jika kita terus bersuci di hadapan Allah SWT. Berikut manfaat sholat taubat:

  • Diampuni dosa oleh Allah
  • Perbuatan yang disukai Allah
  • Dimasukkan ke surga oleh Allah
  • Didoakan malaikat

Salat taubat dapat dikerjakan setiap hari, mengingat kita sebagai manusia pasti memiliki kesalahan yang disadari maupun tidak. Tata cara salat taubat baiknya dilakukan dengan baik.

Setelah melaksanakan salat taubat, baiknya kita terus berbuat baik. Kita juga dianjurkan melaksanakan ibadah lain yang dapat mendekatkan diri kepada Allah dan terhindar dari perbuatan dosa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here