Terapkan Aplikasi SIRA, UIN Ar-Raniry Adakan Workshop Entry Data

58

Kasadar.com, Banda Aceh | Dalam rangka mengoptimalkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya pada bagian Keuangan, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh  mengadakan Workshop Entry Data Sistem Informasi Realisasi Anggaran (SIRA), kegiatan tersebut berlangsung pada 6-8 April 2019 di Mars Resort Sabang, Aceh.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Drs. Junaidi Rasda disela-sela kegiatan, Senin (8/4/2019) mengatakan, UIN Ar-Raniry telah menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang berbasis web, di era generasi keempat yang disebut dengan revolusi industri 4.0 semuanya harus dilakukan dengan IT.

“Demi terlaksananya kinerja yang baik dibidang keuangan, kita terapkan sistem pengelolaan keuangan yang berbasis web, karena jika di zaman ini kita masih melakukannya secara manual maka kita jauh tertinggal,” ujarnya.

Karo AUPK menambahkan, dengan adanya sistem SIRA tersebut, maka terkait perihal dengan keuangan dapat dikerjakan dengan baik, pelaporannya akan cepat, tepat dan akurat. Dengan sistem tersebut juga data keuangan di UIN Ar-Raniry dapat tertata dengan baik, transparansi dan akuntabel.

“UIN Ar-Raniry diharapkan akan menjadi universitas yang unggul, untuk tercapainya hal tersebut setidaknya ada empat aspek yang harus diperhatikan, yakni upgrade diri, inovasi, kolaborasi dan koordinasi,” kata Dia.

Junaidi menjelaskan, bahwa upgrade yang dimaksud tersebut adalah dalam sistem pelaporan keuangan, aplikasinya harus diupgrade sesuai dengan perkembangan zaman, kedua harus ada inovasi yang merupakan bagian dari perubahan, apalagi jika bermain dengan angka yang rawan terjadi kesalahan, dengan adanya sistem ini akan dapat diminimalisir.

Lebih lanjut kata Karo AUPK, aspek yang ketiga harus ada kolaborasi, artinya segala sesuatu harus ada kerja sama yang baik, maka akan tercapai hasil yang baik, dengan adanya kolaborasi juga akan melahirkan ide-ide yang baik, dan keempat adalah koordinasi, ini juga sangat penting dilakukan baik sesama staf maupun dengan atasan, sehingga dapat tercapai apa yang diharapkan.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dra. Nurasiah mengatakan, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 42 orang, terdiri dari pengelola keuangan yang ada pada unit-unit di Lingkungan UIN Ar-Raniry, khususnya bendahara pengeluaran, bendahara penerimaan serta bendahara pengeluaran pembantu.

“Untuk membahas secara teknis, panitia mengundang dua narasumber, yakni Danang Kurniawan dan Rudianto, yang merupakan programmer aplikasi tersebut, mereka menyampaikan materi terkait dengan teknis pada aplikasi itu, serta dilanjutkan dengan tanya jawab terhadap kendala dilapangan,” ujarnya.

Selain itu tambah Nurasiah, turut hadir juga kepala Satuan Pemeriksa Internal (SPI) UIN Ar-Raniry, Dr. Abdul Jalil Salam, MA yang mengawasi pengelola anggaran di UIN Ar-Raniry secara transparan dan akuntabel, yang juga salah seorang inisiaotor aplikasi SIRA yang berbasis Web yang sedang diterapkan itu.

SUMBERnat_riwat
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here