Teuku Riefky Harsya: “Budaya Harus Terus Dimanfaatkan Sebagai Kunci Pendorong Pembangunan Nasional”

12
169

Banda Aceh, Kasadar.com | Ekonomi kreatif saat ini sungguh jadi potensi yang luar biasa untuk mengangkat suatu daerah, termasuk Aceh, karena banyak potensi ekonomi dan juga budaya yang patut kita perkenalkan pada khalayak ramai apalagi sudah ada ruang digital yang bisa memudahkan kita untuk mengenalkannya ke berbagai daerah dan wilayah baik Nasional maupun Internasional.

Untuk itu, Teuku Riefky Harsya (TRH) berkolaborasi dengan  Kementerian Kominfo menyelenggarakan rangkaian kegiatan webinar pada 22 Oktober 2022 bersama masyarakat atau komunitas di wilayah Aceh, dengan tema SEMINAR MERAJUT NUSANTARA – “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Kearifan Lokal Indonesia”.

Kegiatan tersebut juga dilakukan secara offline dan online melalui aplikasi Zoom, dapat juga disaksikan langsung melalui Channel youtube Rumoh Aspirasi TRH pada https://www.youtube.com/watch?v=6WafIM7wows .

Dalam webinar yang diadakan di  Aula Grand Aceh Syariah Landom, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh tersebut turut hadir pula narasumber H. Teuku Riefky Harsya. MT (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Yuliandre Darwis komisioner KPI pusat, Munzami HS, SE direktur IDeAS dewan pengawas BPKS Sabang,  dimeriahkan juga oleh Joel Keudah and Friends serta Tokoh Masyarakat secara Offline dan Online.

Menurut Teuku Riefky Harsya, Budaya harus terus dimanfaatkan sebagai kunci pendorong pembangunan Nasional. Tradisi dan pengetahuan lokal dapat menjadi dasar yang kuat dalam membantu realisasi rencana pembangunan. Indonesia akan mampu menjadi bangsa yang besar jika kita mampu mengejawantahkan kebudayaan dalam strategi pembangunan kedepan khususnya dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Kearifan lokal harus menjadi salah satu objek pengembangan dari ekonomi kreatif itu sendiri, keunikan yang kita miliki harus memiliki nilai jual bagi masyarakat dunia lainnya” Lanjut Teuku Rifky Harsya.

Sementara itu Yuliandre Darwis memberi tambahan bahwa begitu banyak keadaan-keadaan ekonomi kreatif yang dibawa kearifan lokal dengan kondisi bertransformasi dan berkolaborasi digital.

Sedangkan Munzami HS, SE selaku direktur IDeAS dewan pengawas BPKS Sabang juga menjelaskan tentang strategi meningkatkan kesiapan destinasi, Industri dan Masyarakat dengan membangun destinasi periwisata prioritas yang selaras dengan pembangunan klister ekonomi kreatif dan regenerasi Warisan Budaya, serta libatkan pula pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat dengan membangun daya Tarik wisata yang disesuaikan dengan karakter destinasi.

 

12 KOMENTAR

  1. Hi there! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to give it a look. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and outstanding design.

  2. First of all, thank you for your post. safetoto Your posts are neatly organized with the information I want, so there are plenty of resources to reference. I bookmark this site and will find your posts frequently in the future. Thanks again ^^

  3. I do enjoy the manner in which you have presented this issue plus it does indeed supply us some fodder for consideration. On the other hand, coming from everything that I have witnessed, I basically hope when the feedback pile on that men and women remain on point and not embark upon a tirade of the news of the day. Anyway, thank you for this superb piece and whilst I can not concur with it in totality, I regard the perspective.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here