Kasadar.com | Ramadan menjadi bulan yang paling dinantikan umat Islam. Di dalamnya terdapat rahmat serta pengampunan bagi orang yang bersungguh-sungguh beribadah.

Jelang bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari ini, umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan memperbanyak amalan untuk menyambut datangnya bulan suci.

Berikut amalan yang dianjurkan untuk dilakukan menjelang bulan suci Ramadan.

1. Mempersiapkan Niat

Saat bersiap memasuki bulan Ramadan, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah rohani. Hendaknya kita menata niat untuk menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya dan bertobat dari kesalahan masa lalu.

Dengan persiapan rohani dan niat yang baik, harapannya saat memasuki Ramadan kita telah siap menjalankan ibadah dengan khusyuk, hati yang tenang, dan ikhlas.

2. Melaksanakan Ibadah Sunah

Rasulullah diriwayatkan kerap melakukan amalan ibadah sunah yang bernilai kebajikan dalam menyambut Ramadan. Bahkan disebutkan dalam salah satu hadis, Rasulullah banyak berpuasa di bulan Sya’ban, selain dari puasa wajib Ramadan.

Dari Aisyah r.a menuturkan:

“Rasulullah SAW biasa mengerjakan puasa sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya’ban,” (HR. Bukhari, 1833, Muslim 1956).

3. Saling Bermaaf maafan

Meminta maaf dan memaafkan merupakan perbuatan yang disyariatkan dalam Islam. Tradisi ini layaknya kewajiban yang harus dilakukan terutama bagi mereka yang pernah melakukan kesalahan terhadap orang lain.

Mau mengakui kesalahan dan ikhlas memaafkan adalah sifat orang yang bertakwa. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan berpuasa, yakni untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Untuk itu, jika ingin terbebas dari kesalahan sesama manusia, segeralah meminta maaf. Begitu pula jika menginginkan kesucian diri guna menyambut bulan yang suci maka hendaklah saling memaafkan.

4. Ziarah Kubur

Mengunjungi makam orang tua atau sanak saudara yang sudah meninggal menjadi amalan menjelang Ramadan. Bahkan ziarah ke makam telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, mengingat ada banyak sekali hikmah di dalamnya.

Mengutip NU Online, hikmah ziarah kubur itu mengingatkan akan kematian dan kehidupan akhirat. Selain itu, dengan berziarah kubur dapat meningkatkan kezuhudan mengenai berbagai hal kehidupan di dunia.

Ziarah kubur juga dilakukan untuk mengirimkan doa kepada orang tua yang telah meninggal sebagai bentuk pengabdian.

5. Bersih-bersih

Umat Islam disunahkan untuk mandi keramas satu hari sebelum puasa Ramadan yang bertujuan untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci.

Selain membersihkan diri, dianjurkan pula membersihkan tempat-ibadah di rumah, pakaian, alat salat, maupun tempat ibadah seperti masjid atau musala agar ibadah selama Ramadan menjadi lebih nyaman dan khusyuk.

6. Memperbanyak Doa dan Zikir

Ramadan adalah momen yang tepat untuk menyucikan diri sekaligus mendekatkan diri kepada Allah. Namun alangkah baiknya jika kita memulainya lebih awal sebagai bentuk persiapan amalan jelang Ramadan.

Doa dan zikir menjadi dua ikhtiar batin agar umat muslim yang mengamalkannya lebih siap dengan kedatangan bulan Ramadan, serta hidupnya diliputi kebaikan dan dijanjikan pahala yang melimpah.

7. Membayar Utang Puasa

Puasa Ramadan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Mereka yang meninggalkan puasa berkewajiban untuk mengqadha di luar bulan Ramadan.

Biasanya utang puasa dimiliki oleh perempuan yang haid, hamil, menyusui, orang tua dan yang sakit. Tidak ada ketentuan khusus mengenai batas waktu mengganti puasa, asalkan dapat melunasi kewajiban itu sebelum bulan Ramadan berikutnya.

Dengan demikian, membayar utang puasa tahun lalu sebanyak hari yang ditinggalkan menjadi kewajiban yang mutlak.

Itulah amalan menjelang Ramadan yang bisa dilakukan. Mari mulai bersihkan hati dan meluruskan niat dalam menyambut bulan suci Ramadan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here