Kasadar.com | Bersepeda menjadi olahraga sekaligus hobi yang sedang digandrungi. Salah satu cara seseorang mencari tantangan lain bersepeda adalah bersepeda jarak jauh.

Sebelum melakukan perjalanan sepeda jarak jauh, ada beberapa tips yang harus dipersiapkan. Berikut sejumlah tips seperti diberitakan Yescycling untuk persiapan bersepeda jarak jauh.

Bersepeda dengan trek yang jauh perlu persiapan yang matang agar tidak cepat merasa lelah. Berikut ulasannya.

  1. Carbo loading

Carbo loading merupakan istilah yang artinya memuat asupan karbohidrat dengan jumlah banyak untuk menyimpan glikogen pada otot. Carbo loading dilakukan setidaknya sehari sebelum jadwal bersepeda jarak jauh.

Asupan makanan kaya karbohidrat seperti nasi, pasta, ikan, kentang, dan buah yang memiliki karbohidrat tinggi, baik dikonsumsi untuk memperkuat massa otot ketika bersepeda.

  1. Berlatih dengan jarak yang lebih pendek

Baiknya seseorang melakukan latihan sebelum bersepeda jarak jauh. Masa otot akan terbiasa apabila seseorang bersepeda rutin sebelum bersepeda jarak jauh.

Saat hendak bersepeda sejauh 150 kilometer, lakukan pemanasan 50-75 persen dari jarak bersepeda atau 75-95 kilometer. Hal tersebut dilakukan agar tubuh terbiasa saat bersepeda jarak jauh.

  1. Menggunakan GPS dengan alat deteksi detak jantung

GPS yang dilengkapi alat deteksi detak jantung menjadi hal yang sering diabaikan oleh pesepeda.

Fungsi dari GPS ini bertujuan untuk memberitahu jarak, waktu, kecepatan, rata-rata kecepatan hingga detak jantung. Alat deteksi detak jantung berguna untuk mengontrol keadaan jantung Anda selama perjalanan.

  1. Perbanyak makan dan minum

Pesepeda dianjurkan untuk makan dan minum yang cukup. Seseorang baiknya mengonsumsi makanan ringan setiap 20 menit sekali dan minum air mineral 1 liter setiap 1 jam.

Kekurangan asupan makanan akan menyebabkan lemas pada tubuh yang berarti kadar glukosa darah sangatlah rendah.

Makanan yang dianjurkan dibawa saat bersepeda jarak jauh adalah makanan yang praktis, yang dapat dikonsumsi di sela-sela waktu bersepeda, seperti oat bar, pisang, atau energy gel.

  1. Periksa arah angin dan cuaca

Angin dan cuaca merupakan salah satu musuh utama dalam bersepeda jarak jauh. Hendaknya Anda memeriksa cuaca dan arah angin yang bertiup sebelum memulai perjalanan karena bersepeda melawan arah angin akan lebih melelahkan.

Setelah itu, cermati pula cuaca yang hendak dilalui. Apabila turun hujan, pesepeda harus mempertimbangkan jalur lain agar trek yang dilalui tidak menghambat perjalanan Anda.

  1. Pilih gir dengan rasio yang tepat

Bersepeda jauh harus memilih gear dengan rasio yang tepat. Ukuran gear depan kecil dengan gear belakang besar dapat memberi kenyamanan untuk bersepeda dengan jarak yang jauh.

Ketika bersepeda dengan trek yang menanjak, hendaknya mengubah posisi gear belakang ke paling besar. Ini bertujuan untuk meringankan kayuh kaki ketika menanjak.

Kenali trek dan konsultasikan rasio gear pada ahli sepeda, sebelum melakukan perjalanan jauh. Biasanya bengkel sepeda dapat memberi solusi agar nyaman bersepeda pada trek tertentu.

  1. Periksa sepeda sebelum perjalanan jauh

Memeriksa komponen sepeda sebelum melakukan perjalanan sangatlah penting, agar terhindar dari masalah teknis. Berikut 4 aspek penting mengecek kondisi sepeda layak jalan.

Roda: pastikan roda sudah terpasang dengan kencang dan presisi dan jangan lupa untuk cek tekanan angin

Rem: pastikan rem berfungsi dengan baik

Rantai: pastikan rantai todak kendor atau kekurangan pelumas

Shifter/pengatur gigi: pastikan hal tersebut dalam kondisi baik untuk membuat sepeda aman melewati berbagai situasi lintasan

  1. Bagi perjalanan menjadi 3 bagian

Apabila jarak yang hendak dilalui sejauh 100 kilometer atau lebih, bagi menjadi 3 bagian. Jadikan bagian pertama perjalanan momen pemanasan otot.

 

Kedua, uji otot-otot dengan intensitas yang lebih tinggi. Pada bagian ketiga, otot bersiap untuk melakukan sprint.

  1. Atur posisi duduk

Selain memeriksa komponen sepeda, penting untuk Anda mengatur ulang posisi yang tepat dan nyaman saat berkendara. Ketinggian sadel amat memengaruhi kenyamanan bersepeda, pastikan Anda hafal posisi nyaman Anda.

Posisi sadel terlalu tinggi dapat mengakibatkan rasa pegal pada pinggul. Namun, sadel terlalu rendah dapat mengakibatkan tempurung lutut mendapat tekanan tenaga lebih dan berdampak nyeri pada lutut.

Atur ketinggian sadel dengan posisi yang nyaman bagi Anda agar berkendara jauh dapat dilalui dengan baik.

  1. Gunakan pakaian dan perlengkapan

Penggunaan pakaian dan perlengkapan sepeda memberikan rasa aman dan nyaman, terlebih bersepeda jarak jauh. Berikut beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk bersepeda jarak jauh

Helm

Celana khusus sepeda

Baju khusus sepeda

Kacamata pelindung

Sepatu

Lampu sepeda

 

Prioritaskan Keamanan Bersepeda

Setelah memahami tips yang harus dipersiapkan saat bersepeda jarak jauh, baiknya Anda memprioritaskan keamanan dan keselamatan.

Selain untuk hobi, bersepeda juga merupakan jenis olahraga yang berdampak bagi fisik. Maka dari itu, pastikan tubuh maupun kondisi sepeda dalam kondisi prima untuk memastikan kegiatan gowes Anda tidak membahayakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here