Kasadar.com | Kulkas atau lemari pendingin menjadi salah satu tempat penyimpanan bahan makanan sehari-hari.

Bahkan, terkadang bahan makanan terlalu menumpuk di dalam kulkas dan mengakibatkan makanan membusuk sehingga menyebarkan bakteri ke makanan lainnya.

Belum lagi, karena terlalu menumpuk, kulkas menjadi lebih tidak teratur dan berantakan. Hal ini bisa menyebabkan bau tak sedap keluar dari kulkas karena terlalu banyak menyimpan bahan makanannya yang telah membusuk.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (7/11/2020), ada beberapa cara untuk membuat kulkas rapi dan terhindari dari bakteri.

  1. Kelompokkan Makanan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kelompokan jenis makanan yang serupa di dalam lemari es. Hal ini akan mempermudah Anda untuk melihat bahan makanan apa saja yang masih tersedia dan sudah tidak.

Sehingga, Anda bisa membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebih.

  1. Sesuai dengan Rak

Letakkan daging, ikan, serta bahan daging lainnya di rak setelah freezer kemudian letakkan sayuran dan buah di dalam laci paling bawah atau crisper.

Yang perlu diingat adalah jangan meletakkan buah yang telah dikupas di dalam crisper karena akan mengubah warna buah.

Hindari meletakkan susu, telur, dan keju pada pintu kulkas, sebab pintu kulkas selalu terbuka dan tertutup sehingga menyebabkan bahan makanan itu lebih cepat basi.

  1. Posisi

Letakkan bahan makanan yang tidak selalu dipakai di bagian paling belakang. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin menggunakannnya.

  1. Gunakan Wadah

Daripada langsung memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas dan membuatnya terlihat lebih berantakan, lebih baik Anda menggunakan wadah untuk beberapa bahan makanan yang bisa diletakkan di dalamnya. Sehingga, di dalam kulkas lebih tertata dengan rapi.

  1. Buat Daftar Belanja

Agar tidak selalu membeli bahan makanan, Anda bisa menuliskan apa saja yang habis, dan apa saja yang masih ada di dalam kulkas. Hal ini menghindari penumpukan bahan makanan di dalam kulkas.

  1. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Tidak berarti sudah merapikan kulkas menjadikan kulkas Anda terlihat selalu rapi. Anda harus tetap merapikan kulkas secara berkala. Buang bahan makanan yang sudah kadaluarsa, atau sudah tidak layak digunakan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here