Tips Merawat Kesehatan Kaki Pada Penderita Diabetes

0
104

Kasadar.com | Penderita diabetes sangat berpotensi mengalami komplikasi pada jaringan kulit ketika terkena benda tajam atau tumpul yang menimbulkan luka.

Biasanya, penderita diabetes sering mengalami luka pada bagian kakinya karena alat gerak tersebut sering berkontak langsung dengan permukaan tanah yang memiliki banyak material-material kecil dan lumayan tajam.

Luka diabetes dapat menyebabkan infeksi bahkan hingga kematian jaringan-jaringan pada kaki.

Hal ini selaras dengan ucapan dr. Santi yang menjelaskan tentang diabetes pada program KamuSehat di Sonora FM.

Berdasarkan penjelasannya, kematian jaringan-jaringan pada kaki penderita diabetes menyebabkan hilangnya kepekaan rasa sakit terhadap luka.

Sehingga, ketika penderita diabetes menginjak sesuatu yang tajam dengan kakinya, ia tidak akan merasakan sakit apapun karena saraf-saraf dan pembuluh darahnya sudah mati.

Ini menyebabkan para penderita diabetes sering tidak menyadari bahwa kakinya sudah terluka dan telat untuk ditangani yang berujung harus dilakukan operasi bahkan hingga amputasi.

Oleh karena itu, kaki yang memang menjadi bagian tubuh paling rawan bagi penderita diabetes harus dijaga sedemikian rupa.

Melalui KamuSehat, dr. Santi memberikan 3 tips dalam menjaga kesehatan kaki dari luka diabetes bagi penderitanya.

Pertama, dr. Santi menyarankan untuk selalu menggunakan alas kaki, baik ketika berjalan di permukaan yang rata seperti lantai atau pun di permukaan kasar.

Alas kaki yang dipilih pun tidak boleh sembarangan. Gunakan alas kaki yang nyaman dan fit dengan ukuran kaki.

Hindari penggunaan alas kaki yang sempit dan tidak memiliki ruang untuk jari-jari bernafas karena ini bisa menyebabkan lecet yang kemudian menjadi luka diabetes dan membuat penderitanya terkena komplikasi.

Lalu yang kedua, para penderita diabetes harus selalu membersihkan alas kaki sebelum digunakan.

Terkadang, alas kaki sudah dipenuhi oleh debu atau kerikil yang menempel pada permukaannya. Penderita diabetes yang mengalami kematian jaringan saraf pun tidak akan merasakan apa-apa jika sudah menginjak hal-hal tersebut di alas kakinya.

Tanpa sadar, luka diabetes pun timbul dan menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik kebersihan dari alas kaki sebelum digunakan.

Ketiga, dr. Santi mengatakan bahwa kaki adalah bagian special yang musti dirawat dengan baik setiap malamnya oleh para penderita diabetes.

Berdasarkan perkataannya, bersihkan sela-sela dan permukaan kaki menggunakan sabun ketika sedang mandi. Hindari penggunaan sabun yang memiliki parfume agar tidak menimbulkan lecet pada bagian kaki ketika dibersihkan.

Ketika membersihkan kaki, gunakan air hangat agar terasa lebih rileks.

Kemudian, keringkan kaki dengan cara ditepuk-tepuk pelan menggunakan handuk. Jangan digosok!

Kaki yang digosok oleh handuk dapat menimbulkan luka diabetes yang berujung infeksi bagi penderita diabetes.

Itu adalah 3 tips menjaga kesehatan kaki agar terhindar dari luka diabetes bagi penderitanya. Terapkan dengan baik ketiga tips tersebut agar tidak mengalami amputasi akibat luka diabetes!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here