Kasadar.com | Tokoh pemuda jabung, waway karya, Marga Sekampung, Pasir Sakti tepat di hari sumpah pemuda yang ke 92 (28/10/20) mendekrasikan Gerakan Peduli Sungai Sekampung (GPSS). Di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kelestarian aliran sungai Way Sekampung yang sudah tercemar karena limbah sejak dua bulan terakhir.

Ketua Gerakan Peduli Sungai Sekampung (GPSS) Usman mengatakan “Pada hari ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda, kami warga sekaligus tokoh pemuda Jabung Lampung Timur mendeklarasikan gerakan ini guna menjaga kelestarian sungai way sekampung yg berbatasan dengan dua Kabupaten yakni Lampung Timur dan Lampung Selatan,” Ungkapnya.

Terkait hal yang terjadi di dua bulan terakhir, pihak GPSS mencatat sudah terjadi delapan kali pembuangan Limbah yang mulai meresahkan masyarakat untuk itu tokoh pemuda Jabung Lampung Timur meminta Lembaga Bantuan Hukum Bumi Adil untuk segera membuat laporan ke pihak-pihak terkait.

M. Rian Ali Akbar selaku Direktur LBH Bumi Adil mengapresiasi terbentuknya Gerakan Peduli Sungai Sekampung (GPSS).

“Kami sebagai lembaga yang di percaya Masyarakat Kecamatan jabung Kabupaten Lampung timur, tentunya akan berusaha membantu tegak lurus dan berjuang untuk kepentingan masyarakat” ujar Rian

Rian juga menyampaikan “LBH Bumi Adil, tentu akan berkoordinasi dengan seluruh dinas yang terkait dan akan mencari tahu, perusahaan mana yang harus bertanggung jawab atas terjadi nya pencemaran lingkungan” ungkapnya Rian.

“Kami berjanji, akan memperjuangkan amanah ini seoptimal mungkin, karena amanah ini merupakan menyangkut libgkungan dan kepentingan mayarakat yang berkelanjutan” tandas Rian, nengahiri pembicaraan.(**)

Sementara itu, kegiatan ini juga akhirnya banyak menimbulkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya organisi Ikam Jabung sai yang selama ini juga memang bergerak untuk sosial dan lingkungan di Kecamatan Jabung Lampung Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here