Kasadar.com | Pengusaha warung kopi di Aceh terus melakukan eksperimen agar menghasilkan olahan kopi yang nikmat dengan cita rasa unik. Seperti di Reburn Kopi yang beralamat di Jalan Teuku Umar, Kampung Padang, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, para pecandu kopi akan dimanjakan dengan minuman baru bernama Kopi Pala dan Bir Pala, racikan tangan Ayuzar alias Bogem.

Produk minuman ini memang belum dikenal luas oleh masyarakat luar Aceh Selatan. Namun, bagi pencinta Kopi di Kecamatan Tapaktuan dan Samadua, Reburn Kopi menjadi salah satu warung favorit dengan minuman andalannya kopi dan bir rasa pala.

Ayuzar alias Bogem mengaku kopi pala dan bir pala hasil racikannya itu menggunakan madu murni yang dipesan khusus dari Bulohseuma, daerah penghasil madu terbaik di Aceh. Cara pengolahannya juga tergolong rumit, dituntut ketelatenan supaya bisa menghasilkan kopi pala dan bir pala yang nikmat.

Seperti diketahui, selama ini buah pala biasanya digunakan sebagai rempah-rempah untuk menambah cita rasa masakan, terutama olahan daging. Selain masakan, pala juga kerap diolah sebagai asinan atau manisan buah. Ada pula yang memanfaatkan buah pala sebagai minyak pijat. Di balik perannya yang serba guna, buah pala juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Dikatakan, buah pala banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah diare, masuk angin, gangguan ginjal, dan mual. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan protein, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, kalsium, vitamin (A, C, B1), asam oleanolat, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, buah pala juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang, sehingga pala dapat mengatasi berbagai penyakit di dalam maupun luar tubuh.

“Kopi pala ini kopi yang diseduh dengan ekstrak buah pala menggunakan pemanis madu murni. Sedangkan bir pala merupakan hasil fermentasi buah pala yang dicampur madu murni. Kedua minuman ini sangat digemari, karena selain nikmat juga terdapat beragam manfaat untuk kesehatan,” ungkap Ayuzar.

Nah, jika anda pencandu kopi yang ingin ngopi dengan beragam manfaat, tak ada salahnya mencoba kopi dan bir pala racikan si Bogem ini

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here