Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Sumberpost UIN Ar-Raniry Gelar Ngaji Jurnalistik dan Kehumasan

0
117
KETFOTO| Ketua UKPM Sumberpost Ahmad Mufti menyerahkan Cindramata kepada Karo AAKK Mirwan Fasta, MSi yang didampingi Dekan FEBI Dr Hafas Furqani disela kegiatan Ngaji Jurnalistik bagi Pimpinan Ormawa di Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, di Ruang Teater FEBI. Jumat (2/12/2022). |Foto.Dok Sumberpost.

Banda Aceh, Kasadar.com | Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Sumberpost Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Ngaji Jurnalistik dan kehumasan bersama para Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan UIN Ar-Raniry. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Teater FEBI kampus setempat, Jumat (2/12/2022).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg, diwakili Kepala Biro AAKK, Mirwan Fasta, M.Si dalam arahannya saat membuka acara mengatakan, di era industri 4.0 keterbukaan informasi publik menjadi keniscayaan dan berbagai media terus lahir dan berkembang, ini merupakan peluang besar sebagai wadah untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

“Selama ini banyak kegiatan telah dilaksanakan oleh Ormawa UIN Ar-Raniry, baik Dema, Sema dan UKM/UKK, namun publikasinya sangat minim pada media massa. Melalui program Ngaji Jurnalistik ini di harapkan akan banyak berita berbagai kegiatan di kampus dapat terpublikasi dengan baik pada masa mendatang,” ujarnya.

Mirwan menyebutkan, pers sangat dibutuhkan oleh banyak orang, namun juga ditakuti oleh beberapa pihak. Untuk itu, sangat diperlukan keseimbangan dalam menyajikan informasi kepada public dan jangan pernah berpihak dalam menulis berita.

“Kami mengajak kepada mahasiswa, khususnya para pimpinan Ormawa dan bidang publikasi dan dokumentasi pada setiap UKM/UKK untuk menulis dan mempublikasikan kegaiatan kegiatan dan rangka mensyiarkan dan mempromosikan kampus UIN Ar-Raniry kepada masyarakat luas,” imbuhnya.

Ahmad Mufti dalam laporannya menjelaskan, Ngaji Jurnalistik ini merupakan program sumberpost dalam rangka mentransfer ilmu jurnalistik, kehumasan dan penulisan siaran pers kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry, khususnya para pimpinan organisasi kemahasiswaan dan bidang terkait pada setiap organisasi itu sendiri.

“Ngaji Jurnalistik digelar untuk meningkatkan kemampuan menulis berita atau siaran pers pada setiap lembaga kemahasiswaan di lingkungan UIN Ar-Raniry sehingga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada masing-masing lembaga kemahasiswaan dapat terpublikasi dengan baik,” ujar ketua Sp.

Selanjutnya kata Mufti, para pimpinan Ormawa memiliki kemampuan dalam menciptakan suatu informasi atau berita yang tepat dan akurat. Tentunya dengan tetap memperhatikan kode etik jurnalistik ketika menyampaikan sebuah informasi kepada publik.

Mufti menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari, diikuti 50 peserta yang merupakan ketua Dema, Sema, UKM dan UKK di Lingkungan UIN Ar-Raniry, serta angota baru UKPM Sumberpost.

“Untuk mengulas bagaimana menyampaikan informasi dan menjalin hubungan dengan media serta membuat siaran pers, panitia menghadirkan narasumber, antara lain Sub Koordinator Humas UIN Ar-Raniry, Nazaruddin SE, Zuhri Noviandi, Kabid Organisasi AJI Banda Aceh dan Nazarullah, JFU Penyusun Bahan Berita pada Humas UIN Ar-Raniry,” ucap Ahmad Mufti.

Ahmat Mufti menyatakan, UKPM Sumberpost siap membantu dan memfasilitas dalam rangka menyebarluaskan informasi kegiatan kemahasiswaan di kampus UIN Ar-Raniry melalui relasi pers yang selama ini telah terjalin hubungan baik dengan pers kampus ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here