Kasadar.com |  Air sangat penting dalam kehidupan kita, tapi tubuh akan kehilangan air sepanjang hari, sebagian besar melalui urin dan keringat, tetapi juga dari fungsi tubuh biasa seperti bernapas.

Untuk mencegah dehidrasi kamu perlu mendapatkan banyak air dari minuman dan makanan.

Umumnya kita tahu bahwa direkomendasikan untuk minum delapan gelas atau sama sekitar 2 liter. Ini disebut aturan 8 × 8 dan sangat mudah diingat.

Tetapi setiap orang berbeda kebutuhan air yang harus dikonsumsinya. Untuk wanita dewasa direkomendasikan 11,5 cangkir (2,7 liter) sehari, sementara pria dewasa direkomendasikan 15,5 cangkir (3,7 liter) sehari.

Ini sudah termasuk dari cairan dari air minuman seperti teh dan jus, dan dari makanan.

Selain itu, berapa banyak air yang kamu butuhkan setiap hari juga tergantung di mana kamu tinggal. Jika kamu tinggal di tempat yang panas, lembap dan kering kamu membutuhkan lebih banyak air.

Kamu yang minum banyak kopi juga membutuhkan air yang lebih banyak karena minum kopi membuat kamu kehilangan lebih banyak air.

Selain itu, faktor kesehatan seperti mengalami infeksi atau demam juga membuat kamu kehilangan banyak cairan, sehingga membuat kamu membutuhkan lebih banyak air.

Kenapa tetap terhidrasi itu penting? Karena saat tubuh kekurangan cairan akan mengurangi tingkat energi dan fokus otak menurun.

Dehidrasi ringan pun dapat menurunkan kinerja fisik. Sebuah studi klinis pada pria yang lebih tua dan sehat melaporkan bahwa hanya kehilangan 1 persen air tubuh mengurangi kekuatan otot, kekuatan, dan daya tahan.

Nah, jadi tidak semua orang membutuhkan air yang sama, banyak faktor yang akan membedakan kebutuhan cairan seseorang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here