Kasadar.com | Menurunnya suhu udara seringkali ditandai dengan peningkatan pencemaran udara. Partikel debu kecil yang masuk ke sistem pernapasan kita menyebabkan iritasi dan beberapa masalah terkait paru-paru.

Nah, untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan mencegah kerusakan sel, berikut ini vitamin yang harus kamu konsumsi.

1. Vitamin A

Vitamin A, nutrisi yang larut dalam lemak adalah nutrisi terpenting kedua yang dibutuhkan untuk kesehatan paru-paru. Nutrisi ini penting untuk meningkatkan kekebalan, yang membantu regenerasi sel dalam tubuh.

Jadi dengan meningkatkan asupan vitamin A, kamu bisa memulai proses perbaikan alami jaringan paru-paru. Selain penting untuk fungsi paru-paru, vitamin A juga bertanggung jawab untuk perkembangan banyak jaringan dan sel serta perkembangan embrio paru-paru.

2. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh kita dengan berbagai cara mencegah paru-paru dari penyakit kronis. Vitamin C yang terdapat dalam buah sitrat melawan radikal bebas dan racun serta membantu tubuh menyingkirkan molekul yang berpotensi merusak paru-paru.

Berdasarkan studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology, mengatakan bahwa vitamin C dapat meningkatkan fungsi pari-paru dan mengurangi insiden gejala pernapasan.

3. Vitamin D

Selain memperkuat gigi dan tulang, vitamin D juga melindungi dari infeksi saluran pernapasan dan dapat mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Berdasarkan sebuah penelitian kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko mengi, bronkitis, asma, dan masalah pernapasan lainnya. Sehingga dengan meningkatkan nutrisi ini akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here