Warga Lamno Sumbang 3,5 Ton Untuk Rohingya

136

Kasadar.com, Banda Aceh I Posko Solidaritas Aceh untuk Rohingya yang berlokasi di Kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh menerima sumbangan 3,5 Ton beras dan bantuan uang sebesar 11,5 juta Rupiah dari masyarakat Lamno Daya Kabupaten Aceh Jaya.

Bantuan yang diantarkan langsung oleh tokoh ulama Aceh Jaya, Tgk H Faisal Abdullah beserta sejumlah tokoh pemuda dan masyarakat Lamno ini diterima oleh Tgk Jamaluddin M. Thaib, wakil koordinator Solidaritas Aceh untuk Rohingya didampingi Koordinator, Tgk H Faisal Ali, Kamis, (21/9).

Tgk H Faisal Abdullah kepada awak media mengatakan, bantuan ini dikumpulkan pihaknya dari dari rumah ke rumah lainnya dalan wilayah Lamno Daya selama satu minggu ini sehingga akhirnya terkumpul sebanyak 3,5 ton beras.

“Bantuan ini mungkin tidak seberapa, tapi kami yang paling penting bagi kami adalah adanya keterlibatan kita bersama untuk membantu sesama Islam yang sedang terzalimi, ” kata Tgk Faisal Abdullah yang juga wakil ketua MPU Aceh Jaya ini.

Tgk Faisal Abdullah mengatakan, semangat masyarakat Lamno untuk membantu muslim Rohingta adalah karena ada sebuah Hadis Nabi yang berbunyi, siapa saja yang melepaskan kesulitan atau penderitaan yang dialami oleh seorang mukmin di dunia, maka Allah akan memberi kelepasan untuknya dari berbagai kesulitan di hari akhirat, kata Tgk Faisal Abdullah mengutip hadis tersebut.

Tgk Faisal juga menyampaikan harapannya, bagi warga di kecamatan-kecamatan lainnnya dalam wilayah Kabupaten Aceh Jaya agar mendirikan posko-posko untuk penggalangan bantuan dari masyarakat. Sementara untuk kecamatan Lamno, kata Tgk Faisal, posko Peduli Rohingya berlokasi di kantor camat Jaya.

Sementara itu, Koordinator Solidaritas Aceh untuk Rohingya, Tgk H Faisal Ali menyampaikan, bantuan tahap pertama dari masyarakat Aceh untuk Rohingya akan disalurkan pada tanggal 25 September ini via kapal laut yang dikoordinir lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap(ACT).

“Kapal laut ini sudah mulai berangkat dari Surabaya membawa beras dari masyarakat Indonesia untuk Rohingya. Dan tanggal 25 akan transit di Pelabuhan Krueng Raya dan saat itulah bantuan beras ini kita muat, ” kata Tgk Faisal Ali.

Pada sorenya, kata Tgk Faisal Ali, pihaknya juga menerima bantuan beras program “breuh sicupak” yang digagas pihaknya dari masyarakat Kec Suka Makmur dan Kuta Malaka kab. Aceh Besar Dari Kec. Suka makmur terkumpul sebanyak 4 ton 160 Kg. Sementara dari kec Kuta Malaka terkumpul 4 ton 30 Kg.

“Kita berharap segenap masyarakat Aceh bergerak cepat untuk mencegah ancaman kelaparan terhadap umat Islam Rohingya yang hari ini mengungsi ke Bangladesh, “pungkas Tgk Faisal Ali.

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.