Kasadar.com | Antena Televisi berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar. Antena diperlukan karena sinyal dari stasiun TV yang letaknya berbeda-beda, dengan adanya antena penerima sinyal, kualitas gambar dan suara TV lebih baik.

Namun antena justru meningkatkan kekhawatiran tersambar petir. Sebagian orang percaya antena TV sendiri sebagai pemicunya. Tak jarang orang mencabut kabel antena yang tersambung ke TV, harapannya mencabut kabel untuk menghindari kerusakan TV imbas sambaran petir.

Menurut Find Any Answer, sebetulnya tidak berbahaya jika kita menonton televisi saat petir muncul, dengan syarat tidak memasang antena TV tinggi-tinggi.

Untuk menghindari antena TV disambar petir baiknya rumah dipasang alat penangkal petir dengan pemasangan yang benar untuk meningkatkan kenyamanan menonton siaran TV kala terjadi hujan dan petir.

Yang perlu diantisipasi adalah petir mengandung daya listrik yang kuat dan dapat menghancurkan perangkat kelistrikan apapun, baik elektronik maupun non elektronik jika arus petir besar mengalir mengenai alat-alat tersebut.

Arus petir dapat membakar kabel sirkuit listrik rumah tangga. Lonjakan kecil biasanya terjadi ketika peralatan besar lainnya di rumah Anda menyala, seperti AC atau kompresor kulkas, mengutip blog.directenergy.

Contohnya ketika pohon di sebelah atau alat penangkal petir tersambar petir. Aliran listriknya akan mengenai benda di dekatnya.

Dalam jangka waktu yang cukup lama, lonjakan kecil ini secara bertahap dapat merusak peralatan lain dan memperpendek usia pakai.

Karena itu guna menghilangkan risiko tersebut adalah dengan mencabut kabel-kabel yang tersambung ke perangkat elektronik seperti TV.

Hal lain yang perlu diperhatikan munculnya petir ketika kita melakukan panggilan telepon, yaitu gunakan telepon genggam daripada telepon rumah.

Sebab, jika ada tegangan berlebih akan berakibat sambaran petir dapat mengganggu konduktor listrik ke handset.

Lonjakan tegangan yang diinduksi petir dapat melewati saluran telepon dan kabel untuk merusak perangkat dan peralatan yang terhubung dengannya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here