Xpander Bukan Lagi ‘Punya’ Indonesia

66

Kasadar.com | Xpander melengkapi jajaran produk Mitsubishi Motors di segmen mobil keluarga. Awalnya, mobil ini memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif Tanah Air, terutama kendaraan yang memiliki bangku tiga baris dan bisa menampung hingga tujuh orang di kabin.

Tak tanggung-tanggung, produsen otomotif berlogo Tiga Berlian itu bahkan memproduksi Xpander secara lokal. Ya, pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) menjadi tempat produksi dari awal, hingga kini mobil tersebut sudah banyak dikenal masyarakat di Indonesia, serta di negara lainnya.

Kendaraan yang dikategorikan sebagai small multi purpose vehicle (small MPV) itu memang ditargetkan menjadi produk global. Buktinya, mobil yang lahir dari pabrik di kawasan Cikarang, Jawa Barat itu sudah diekpor ke berbagai negara, seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, Bolivia dan Mesir.

Chief Executive Office Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato mengatakan, banyak sekali Negara yang menginginkan produk andalan Mitsubishi tersebut bisa hadir dan dipasarkan di tempatnya. Sehingga, MMC berencana memproduksi Xpander di luar Indonesia.

“Benar memang akan dilakukan produksi di Mitsubishi Motors Vietnam. Namun tentu ini seperti informasi yang telah kami berikan,” ujarnya di Jakarta, Jumat 15 November 2019.

Produksi yang dilakukan di Vietnam, kata Dia, menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk mendistribusikan Xpander ke negara-negara lain yang belum mendapatkan unitnya. Meski demikian, Kato masih belum menyebutkan secara detail waktu produksi, variannya serta negara tujuan ekspor mobil Xpander buatan Vietnam.

“MMC sedang menentukan destinasi mana saja yang merupakan destinasi ekspor selanjutnya untuk Xpander.

Tapi tidak perlu khawatir, dengan meningkatnya destinasi artinya ekport juga akan meningkat, dari mana pun negara yang memproduksinya,” ucapnya.

Saat ini perwakilan resminya di Vietnam, yakni Mitsubishi Motors Vietnam Co., Ltd (MMV) diketahui juga memiliki fasilitas produksi mobil. Kendaraan yang lahir dari sana adalah Outlander Sport dengan status knock down. MMV dikabarkan sedang meakukan persiapan untuk memperluas produksinya untuk bisa ‘melahirkan’ Xpander.

 

SUMBERviva.com
BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.