Zamzami, ST, Nilai Pembentukan AKD Aceh Selatan Cacat Hukum

472
Zamzami, ST, Anggota DPRK Aceh Selatan dari PKPI.

Tapaktuan – Liputanaceh.com | “Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Fraksi Cacat Demi Hukum.” Demikian disampaikan Anggota DPRK Aceh Selatan Zamzami, ST kepada media ini, usai pengumuman AKD di Gedung DPRK Aceh Selatan Selasa (12/11/2019) Via WA.

Menurutnya ada beberapa faktor yang tak terpenuhi dari pengumuman AKD tersebut, diantaranya, terdpat beberapa Partai tidak tertuang dalam pengumuman pengesahan Fraksi, yakni Partai Nasdem, PKPI dan Golkar.

Zamzami menambahkan, dalam UU Pemerintah Aceh dan PP No 12 Tahun 2018, dikatakan bahwa setiap Anggota Dewan wajib bergabung dalam Fraksi, namun dalam pengumuman Fraksi tidak tertara nama – nama anggota Dewan dari Partai Nasdem, PKPI dan GORKAR, “Maka menurut kami pembentukan AKD tidak merujuk kepada UU yang berlaku,” katanya.

“Ini jelas-jelas sudah memaksakan kehendak, tanpa ada timbang rasa sesama intuisi Anggota Dewan yang sama-sama dipilih oleh rakyat dan sama-sama di SK kan Oleh Pemerintah Aceh (Gubernur),” ujar Zamzami.

“Dalam hal ini kami akan menyurati Pimpinan Dewan Aceh Selatan, karena saat ini kami sedang mengsengketakan Fraksi yang telah digugurkan oleh Pimpinan Dewan. Jelas  bahwa pembetukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) cacat demi hukum dan tidak sesuai dengan UU yang berlaku,” tegasnya.

“Sepatutnya pimpinan harus menghormati upaya pembentukan Fraksi, yang telah di gugurkan pada tanggal 10 November 2019, terkesan Pimpinan Dewan tidak membaca aturan tentang pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD),” pungkas Zamzami.

Untuk diketahui, AKD yang telah diumumkan melalui sidang yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Selatan, T. Bustami, SE, di Gedung DPRK Aceh Selatan, hari ini Selasa 12 November 2019, adalah sebagai berikut:

1. Fraksi Partai Nanggroe Aceh (PNA)
Ketua, Rema Mishul Azwa, Wakil Ketua, Darmi, Sekretaris, Dailami IS, Anggota, Amiruddin, Hasbullah dan Wali Puadi.

2. Fraksi Partai Demokrat
Ketua, Baital Mukadis, Wakil Ketua, H. Helmi, Sekretaris, Velly Hidayat
Anggota, Teuku Bustami,

3. Fraksi Pelangi
Ketua, Mirwan, Wakil Ketua, Marhaban, Sekretaris, Amir Mulyadi, Anggota, Hernanda Thahir, T. Irwandi, Martunis, Mulyadi SE, Asmara

4. Fraksi Partai Aceh (PA)
Ketua, Adhi Samrida, Wakil Ketua, Lisa Elfirasman, ST, Sekretaris, Yeni Rosnizar, Anggota, Ridwan, Hadi Surya dan Darman.

Sementara itu, Komisi di DPRK Aceh Selatan terbentuk empat komisi yakni Komisi, I, II, II dan IV dengan formasi sebagai berikut:

Komisi I Bidang Pemeritahan;
Ketua, Velly Hidayat, Wakil Ketua, Dailami IS, Sekretaris, T. Irwandi, Anggota, Murhaban dan Darman.

Sementara itu, Komisi di DPRK Aceh Selatan terbentuk empat komisi yakni Komisi, I, II, II dan IV dengan formasi sebagai berikut:

Komisi I Bidang Pemeritahan;
Ketua, Velly Hidayat, Wakil Ketua, Dailami IS, Sekretaris, T. Irwandi, Anggota, Murhaban dan Darman.

Komisi II Bidang Perekonomian;
Ketua, Hadi Surya, Wakil Ketua, Amir Mulyadi, Sekretaris, Adi Samridha, Anggota, Darmi dan Mulyadi.

Komisi III Bidang Keuangan;
Ketua, Martunis, Wakil Ketua, H. Helmi, Sekretaris, Rema Mishul Azwa, Anggota, Hernanda Tahir dan Yenni Rosnizar.

Komisi IV Bidang Pembangunan;
Ketua, Wali Puadi, Wakil Ketua, Lisa Efirasman, Sekretaris, Baital Mukadis, Anggota, Mirwan dan Hasbullah. (FJ).

BAGIKAN

KOMENTAR FACEBOOK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.